Pasang Iklan Teks Murah
Dapatkan pelanggan baru dengan mempromosikan bisnis anda disini
http://namanyacumainfo.blogspot.com

Ads by Cuma Info

Monday 1 September 2014

Manfaat Ilalang Bagi Kesehatan




Selama ini juga mungkin ilalang hanya sering dimanfaatkan sebagai makanan ternak, dibuat atap gubuk, atau mungkin dibuang begitu saja karena dianggap sebagai tanaman pengganggu yang tidak berguna. Akan tetapi semua yang diciptakan di dunia ini pasti ada fungsi serta manfaatnya masing-masing.

Ilalang yang memiliki nama ilmiah impera cylindrical ini memiliki kandungan kimia seperti asam malic, glukosa, asam sitrat, arundoin, coixol, silindrin, simiarenol, fernerol, aneminon, semiarenoln, esin, saponin, alkali, polofenol, san tannin.

Dengan berbagai kandungan kimia dalam ilalang tersebut menjadikan ilalang cukup berkhasiat untuk kesehatan, di antaranya untuk menurunkan panas karena bersifat anti-piretik, meluruhkan kemih ( bersifat diuretik), menghentikan pendarahan (bersifat hemostatik), serta menghilangkan rasa haus dan menjadikan tenggorokan adem.

Dalam ilmu medis pengobatan tersebut dilakukan dengan cara memanfaatkan akar ilalang. Caranya pun sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan akar ilalang secukupnya kemudian rebus hingga menyisakan kurang lebih setengah dari jumlah air saat awal merebus. Selanjutnya diamkan hingga dingin dan mungkin Anda bisa menambahkan madu atau gula jawa jika diperlukan.

Pakar ahli pengobatan tradisional, prof.Hembing mengatakan bahwa khasiat ilalang juga bisa mengatasi berbagai macam penyakit kesehatan seperti infeksi ginjal, batu ginjal, batu empedu, kencing batu, keputihan, batuk darah, susah buang air kecil, mimisan, batuk rejan, pendarahan, campak, demam, hepatitis, darah tinggi, asma, radang paru-paru, diare, gangguan pencernaan, serta jantung koroner.

Berikut beberapa contoh pengolahan ilalang untuk mendapatkan khasiat ilalang.
  1. Radang ginjal akut
    Caranya sangat mudah siapkan kurang lebih 60-120 gr akar ilalang segar yang sudah di cuci bersih. Selanjutnya potong akar menjadi kecil-kecil dan rebus hingga mendidih dengan air kurang lebih 3 gelas dan sisakan 1 gelas saja. Kemudian minum secara rutin 2-3 kali dalam sehari.
  2. Mengobati muntah darah
    Caranya siapkan kurang lebih 30-60 gr akar ilalang yang masih segar lalu cuci bersih. Potong dengan ukuran kecil-kecil dan rebus dengan air kurang lebih 3 gelas dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Dingin kan lalu minum secara rutin.
  3. Kencing nanah
    Siapkan akar ilalang kurang lebih 300 gr lalu cuci bersih dan potong-potong dengan ukuran kecil. Kemudian rebus dalam air 2.000 cc dan diamkan hingga tersisa kurang lebih 1.200 cc. Tambahkan sedikit gula batu dan diamkan hingga dingin. Minum secara rutin 3 kali sehari sebagai ganti minum teh.
  4. Mimisan
    Siapkan akar ilalang secukupnya lalu tumbuk dan peras airnya hingga memperoleh 100 cc lalu minum air perasan tersebut secara langsung. Atau bisa dengan memakai cara: siapkan 30 gr akar ilalang segar lalu cuci bersih kemudian rebus dengan air kurang lebih 3 gelas dan biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Selanjutnya minum air rebusan tersebut.

No comments:

Post a Comment