Pasang Iklan Teks Murah
Dapatkan pelanggan baru dengan mempromosikan bisnis anda disini
http://namanyacumainfo.blogspot.com

Ads by Cuma Info

Tuesday 30 September 2014

Fungsi Ginjal


Ginjal adalah sepasang organ tubuh berbentuk seperti kacang, kurang lebih sebesar kepalan tangan. Terletak di dekat punggung bagian bawah di tengah-tengah.
Ginjal adalah pengumpul ‘sampah’ yang unggul. Setiap harinya, Ginjal anda memproses sekitar 189 Liter darah untuk diproses dan dipilah menjadi sekitar 1.89 liter zat zat sisa dan air. Zat sisa dan air ini kemudian menjadi air seni.
Zat sisa dalam darah terbentuk dari hasil metabolisme makanan yang kita makan.
Tubuh menggunakan makanan tersebut untuk energi dan penyembuhan diri. Setelah tubuh mengambil apa yang diperlukan dari makanan, zat sisa ini kemudian dikirim ke darah. Jika ginjal tidak membuang zat sisa ini, zat sisa ini akan kemudian menumpuk dari darah dan merusak tubuh.
Sistem filter ini terjadi dalam satuan kecil dalam ginjal bernama Nephrons. Setiap ginjal memiliki sekitar jutaan Nephrons. Dalam nephrons ini, saluran darah kecil bernama Kapilari (capillaries) bersinggungan dengan kantung kecil penampung air seni bernama tubules. Satu sistem pertukaran yang rumit kemudian terjadi dan kemudian zat sisa dan air meninggalkan darah dan masuk ke dalam sistem urin.
Awalnya, tubules menerima kombinasi zat sisa dan zat kimia yang tubuh masih bisa gunakan. Ginjal anda kemudian mengukur bahan kimia seperti sodium, Fosfor dan Potassium dan kemudian melepasnya kembali ke dalam darah untuk
kembali ke dalam tubuh. Dengan cara ini, Ginjal anda mengatur kadar zat zat ini dalam tubuh. Kadar keseimbangan yang tepat sangatlah penting untuk kesehatan.
Selain pembuangan zat sisa, ginjal juga memproduksi 3 hormon penting :
  1. Erythropoietin (EPO) yang merangsang tulang untuk memproduksi sel darah merah
  2. Renin yang mengatur tekanan darah
  3. Vitamin D yang memiliki sifat aktif, yang membantu menjaga kebutuhan kalsium dalam tulang dan keseimbangan zat dalam tubuh

No comments:

Post a Comment